;

Kamis, 18 Oktober 2012

Contoh Menulis Catatan Kaki

Kamis, 18 Oktober 2012

Contoh Menulis Catatan Kaki - Cara Menulis Catatan Kaki Yang Baik dan benar

Kokoflom | Contoh Menulis Catatan Kaki , Apakah Sobat Udah Pernah Belajar atau apa gitu Mengenai Catatan Kaki ??

Kalau Belum , Di Baca Ya Sampai Habis , Artikel Pendidikan Bahasa Indonesia ini ,
Dan Baca Juga Mengenai Macam-Macam Majas dan Contohnya.


catatan kaki - artikel tentang perumpamaan catatan kaki ini dapat mengulas tentang perumpamaan penulisan catatan kaki, manfaat catatan kaki, pengertian catatan kaki, serta juga daftar pustaka serta catatan kaki. tak hanya itu anda akan tahu info perihal catatan kaki pada sesuatu makalah atau artikel. 

perihal pertama yang dapat dibicarakan di sini yaitu mengenai pengertian catatan kaki, di mana dengan lengkap serta jelas dapat dipublikasikan pada anda apa sesungguhnya pengertian catatan kaki itu, layaknya yang dapat di uraikan dengan lengkap di bawah ini : 


pengertian catatan kaki 


catatan kaki yaitu daftar info spesial yang ditulis dibagian bawah tiap-tiap lembaran akhir bab sesuatu karangan ilmiah. catatan kaki berperan untuk berikan info serta komentar, dan menjelaskan tentang sumber kutipan atau dasar penyususanaan daftar bacaan. 


langkah penulisan catatan kaki 

langkah penulisan catatan kaki mempunyai sebagian aturan yang perlu di perhatikan. perihal ini diaplikasikan supaya pemakaian catatan kaki tersebut memang sungguh-sungguh bermanfaat serta gampang dimerngeti. tersebut disini banyak hal yang perlu di perhatikan didalam tata langkah penulisan catatan kaki :

  • Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks.
  • Catatan kaki diketik berspasi satu.
  • Diberi nomor.
  • Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.
  • Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri).
  • Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.
  • Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.
  • Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki.
  • Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.
  • Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keterangan op.cit., lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya.
  • Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.
  • Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik.
Contoh Catatan Kaki

supaya lebih memahami layaknya apa perumpamaan catatan kaki, maka di bawah ini dapat diberikan sebagian perumpamaan catatan kaki yang diambil situs (blog) karo cyber dari beragam sumber. perumpamaan catatan kaki ini ditujukan supaya anda lebih memahami lagi perihal bagaimana sistematika penulisan catatan kaki yang baik serta benar.

………………………………………………………
1) Taufiq Ismail, Membaca Puisi, Taman Ismail Marzuki, 30-31 Januari 1980.
2) Kompas, 25 Mei 1981.
Berikut adalah contoh catatan kaki lainnya:
…………………………………………………
2 Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar (Jakarta: Depdikbud, 1988), hal. 18.
3 Nurhadi, Membaca Cepat dan Efektif (Bandung: Sinar Baru, 1986), hal. 25
4 Ibid., hal. 15
5 Ratna Wilis Dahar, op.cit., hal. 17


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 11.08
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI